-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan-ADS

Iklan

Iklan-ADS

Indeks Berita

Whats-App-Image-2023-10-14-at-15-02-39-57158036

Tag Terpopuler

Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Parigi Moutong Di Hadiri Sekertaris Daerah

Jumat, 09 Agustus 2024 | Agustus 09, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-09T14:09:49Z

PARIGI MOUTONG - jejaksulteng.com - Sekretarias Daerah Kabupaten Parigi Moutong, Zulfinasran menghadiri undangan rapat paripurna DPRD Kabupaten Parigi Moutong bertempat di Ruang Rapat Kantor DPRD, Kamis (8/8/2024).


Rapat paripurna tersebut dipimpin langsung Wakil Ketua II DPRD Kabuapaten Parigi Moutong, Alfres Tonggiroh didampingi Sekretaris Daerah, Zulfinasran bersama 16 Anggota DPRD, para asisten, staf ahli serta pejabat esselon II dan III Pemda Parigi Moutong.


Ketua Komisi II DPRD, I Ketut Mardika menyampaikan rekomendasi dan catatan atas Realisasi APBD Semester Pertama 2024


Pada hari ini, Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Parimo dengan ini mengumumkan hasil evaluasi terhadap realisasi APBD tahun anggaran 2024, khususnya pada semester pertama dan proyeksi 6 bulan berikutnya.


Setelah melakukan kajian mendalam, DPRD Kab. Parimo memberikan rekomendasi dan catatan sebagai berikut:


1. Dinas pendidikan lebih proaktif terhadap masalah pendidikan serta kesejahteraan tenaga pendidik.

2. Peningkatan pelayanan kesehatan dan kesejahtearaan tenaga kesehatan.

3. Pembangunan infrastruktur lebih pada kebutuhan sosial dan ekonomi masyarakat.

4. Mendorong pemda agar menyusun regulasi pengelolaan penertiban izin satu pintu.

5. Lebih inovatif dalam peningkatan PAD.

6. Sosialisasi perda tentang pajak dan retribusi.

7. Memaksimalkan PAD melalui aset, biaya pemeliharaan aset yang lebih besar dari pemasukan disarankan dijual/lelang.

8. Segera merealisasikan anggaran belanja agar manfaatnya dapat dirasakan masyarakat.


Terdapat peningkatan signifikan dalam pencapaian target pendapatan daerah, dan progres penggunaan dana belanja terencana mengalami kenaikan yang positif, namun perlu perhatian lebih lanjut terhadap efisiensi dan penggunaan yang tepat waktu.


Prognosis 6 Bulan Berikutnya:


DPRD Kabupaten Parimo menggarisbawahi perlunya pemantauan yang lebih ketat terhadap pelaksanaan proyek-proyek strategis guna memastikan pencapaian yang optimal.


Mendorong transparansi dalam pengelolaan keuangan daerah serta penguatan mekanisme akuntabilitas publik dan mengajak seluruh stakeholder terlibat untuk berperan aktif dalam mencapai tujuan pembangunan daerah, serta berkomitmen untuk terus memantau dan mendukung pelaksanaan APBD 2024 demi kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh.


Menyikapi laporan tersebut, Pj. Bupati yang di wakili Sekda, Zulfinasran dalam sambutannya menyatakan apresiasinya atas dedikasi serta kerja keras Komisi II DPRD dalam melakukan evaluasi yang komprehensif terhadap realisasi APBD.


"Rekomendasi dan catatan yang disampaikan menjadi panduan berharga bagi Pemerintah Kabupaten dalam upaya memperbaiki kinerja serta optimalisasi penggunaan anggaran demi kesejahteraan masyarakat"ungkapnya.


Sekda juga menegaskan komitmen Pemerintah Kabupaten untuk terus meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan efektivitas pengelolaan keuangan daerah. Pihaknya akan segera mengambil langkah-langkah perbaikan yang diperlukan berdasarkan rekomendasi yang disampaikan oleh Komisi II DPRD, dengan tujuan mencapai keseimbangan yang lebih baik dalam pengelolaan APBD.


"Kami berharap kerjasama antara Pemerintah Kabupaten dan DPRD dapat terus ditingkatkan guna mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan pelayanan publik yang lebih baik bagi seluruh masyarakat Kabupaten Parigi Moutong"tutupnya.


SUMBER : DINAS KOMINFO KABUPATEN PARIGI MOUTONG.

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini